5 Tips Sederhana Memilih Sepeda Motor Bekas untuk Orang Awam, Jangan Tertipu!

5 Tips Sederhana Memilih Sepeda Motor Bekas untuk Orang Awam, Jangan Tertipu!

Seperti jamur di musim hujan, bisnis jual beli sepeda motor semakin lazim karena kebutuhan masyarakat akan moda transportasi murah dan mudah. Penuh sesak di warung online, bisnis jual beli sepeda motor bekas seolah tidak ada kematian. Sepeda motor bekas juga dianggap sebagai solusi yang efektif untuk orang dengan anggaran rendah.

Namun, membeli sepeda motor bekas tentu saja berbeda dengan membeli jeruk di pasaran. Bagi Anda yang masih awam, berikut adalah tips sederhana untuk membeli sepeda motor bekas.

5 Tips Sederhana Memilih Sepeda Motor Bekas untuk Orang Awam, Jangan Tertipu!
5 Tips Sederhana Memilih Sepeda Motor Bekas untuk Orang Awam, Jangan Tertipu!

1. Periksa bagian-bagian mesin dengan hati-hati

Sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor bekas, lihat dan perhatikan bagian-bagian mesin dengan hati-hati. Coba periksa kecepatan motor dan baut di sekitarnya.

Untuk memastikan apakah mesin masih orisinal atau telah dibuka, periksa warna mesin apakah masih terlihat default pabrik atau sudah kusam. Ini penting karena mesin sepeda motor adalah bagian terpenting dari kinerja sepeda motor yang akan dibeli.

2. Lihat dan rasakan cat bodi motor

Dalam tampilan biasa, Anda mungkin tidak menemukan cacat kecil di badan motor. Namun, agar lebih meyakinkan, periksa dengan merasakan cat pada bodi motor.

Motor yang telah tergores karena gesekan atau jatuh biasanya terasa kasar ketika disentuh. Selain itu, cat pada bodi kusam, menandakan pemeliharaan motor tidak terpelihara dengan baik.

3. Sesuaikan nomor bingkai dan mesin motor dengan huruf kendaraan

Yang tidak kalah penting, sesuaikan nomor rangka dan nomor mesin pada sepeda motor dengan apa yang tertulis pada huruf kendaraan. Meskipun surat-surat itu dapat diubah, ada berbagai cara untuk dapat memastikan apakah dokumennya sesuai dengan sepeda motor fisik atau tidak.

4. Periksa semua bagian penting motor

Selain memeriksa hal-hal penting di atas, Anda juga perlu memeriksa hampir semua bagian fisik motor. Anda dapat memeriksa tuas pemindah gigi, speedometer, setang, lampu, rem, dan sebagainya. Memeriksa semua bagian motor secara keseluruhan akan mencegah penyesalan ketika Anda telah membeli, tetapi tidak sesuai dengan keinginan Anda.

5. Tutup lubang knalpot untuk memeriksa suara mesin sepeda motor

Untuk memeriksa bunyi motor apakah masih bagus atau tidak, cukup dengan menutup lubang knalpot saat motor dihidupkan. Jika suara terdengar berisik dan mengganggu, bisa dipastikan sepeda motor sudah dalam kondisi tidak sehat. Namun, jika suaranya tidak terdengar, Anda dapat menjadikannya sebagai panduan untuk membelinya dengan harga yang disepakati.

Ingatlah tips sederhana di atas, ya, jadi saya tidak tertipu.

About the author

Leave a Reply