Segudang Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia pasti sadar betul bersama sukun? Ya, buah yang punyai nama ilmiah Artocarpus altilis ini memang sering diolah jadi begitu banyak ragam camilan lezat.

Dari aspek tekstur, buah ini punyai tekstur kulit layaknya nangka, tak berbiji, dan daging empuk layaknya roti. Karenanya, orang-orang Eropa mengenal sukun sebagai ‘buah roti’ atau breadfruit.

Menurut knowledge yang dirilis Food Facts, satu cangkir buah sukun (dengan berat 220 gram) memiliki kandungan energi sebesar 227 kalori atau setara 11 % kebutuhan energi dalam sehari. Tak hanya itu, buah sukun termasuk memiliki kandungan lemak sebanyak 0,5 gram yang setara bersama 1 % kebutuhan lemak dalam sehari.

Segudang Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan
Segudang Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Dari begitu banyak ragam takaran nutrisi tersebut, berikut segudang kegunaan berasal dari buah sukun:

1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Sukun kaya dapat takaran serat yang bisa menurunkan kolesterol darah bersama langkah menghindar penyerapan kolesterol berasal dari sistem pencernaan.

Selain bisa menurunkan takaran kolesterol, takaran serat dalam sukun termasuk diyakini bisa menurunkan risiko obesitas, tekanan darah, hingga memelihara usus besar berasal dari senyawa kimia pemicu kanker.

2. Melawan radikal bebas

Tak hanya kaya dapat takaran serat, sukun termasuk memiliki kandungan senyawa phenolic dan flavonoid yang berupa antioksidan.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, ke dua senyawa itu bisa mendukung tubuh dalam melawan radikal bebas.

Studi yang serupa menjelaskan bahwa jenis sukun berwarna kuning-oranye punyai lebih banyak takaran antioksidan xanthin dan lutein.

3. Melindungi tubuh berasal dari bermacam serangan penyakit

Manfaat sukun lainnya terdapat berasal dari takaran vitamin C-nya. Masih menurut knowledge yang dirilis Food Facts, satu buah sukun memiliki kandungan 29 miligram vitamin C yang mencukupi 48 % kebutuhan harian.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan tinggi vitamin C ini, ternyata tubuh lebih terjaga berasal dari serangan penyakit dan radikal bebas berbahaya. Agar manfaatnya lebih optimal, pastikan untuk memproses buah ini bersama langkah dikukus atau direbus, ya!

4. Memelihara kebugaran sistem peredaran darah

Buah sukun ternyata bisa memelihara kestabilan denyut jantung dan tekanan darah. Hal ini gara-gara takaran kalium, zat besi, serta bermacam mineral lain yang ada di dalamnya.

Selain itu, takaran senyawa fitokimia pada buah sukun termasuk bisa bantu menghindar penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat timbunan kolesterol.

About the author

Leave a Reply