Kesehatan

7 Manfaat Sagu yang Baik untuk Kesehatan

August 21, 2019

Meski makanan berkarbohidrat, sagu ternyata sangat aman dikonsumsi oleh semua kelompok. Selain itu, jika Anda mengkonsumsi sagu, makan segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan karena sagu memiliki nutrisi dan zat besi yang baik untuk kesehatan. mengikuti ulasan:

1. Memperkuat struktur tulang

Kadar kalsium dan fosfor dalam sagu sangat cocok untuk anak-anak dan usia lanjut. Pada anak-anak, sagu sangat cocok untuk proses pertumbuhan karena kalsium dalam sagu membuat struktur tulang anak memanjang dan padat.

Demikian juga dalam fosfor yang berguna untuk mengikat tulang anak-anak agar terhindar dari rasa sakit. Untuk usia tulang, kalsium dan fosfor dalam sagu dapat menjaga tulang mereka tetap tegak dan padat. Namun, kaum muda juga bisa mengonsumsi sagu sebagai pencegah osteoporosis di usia lanjut nanti.

7 Manfaat Sagu yang Baik untuk Kesehatan
7 Manfaat Sagu yang Baik untuk Kesehatan

2. Untuk melakukan program diet

Untuk program diet, sagu cocok sebagai rekomendasi. Kadar fosfor dan serat dalam sagu bisa tahan lama. Meskipun kaya akan fosfor dan serat, sagu membuat Anda tetap berenergi karena tingkat karbohidratnya cukup tinggi dibandingkan dengan nasi.

3. Pencernaan lancar

Selain rasa kenyang dalam jangka panjang, serat dalam sagu dapat melindungi sistem pencernaan. Kadar prebiotik dalam serat sagu dapat melindungi bakteri baik dari sistem pencernaan sehingga beberapa penyakit seperti gastritis, sembelit, diabetes, hingga kanker dalam pencernaan dan menjaga kadar gula darah.

Tekstur lembut sagu juga dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah pencernaan karena sagu menyerap sistem pencernaan dengan cepat dan merupakan salah satu metode penyembuhannya.

4. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya sebagai cemilan, ternyata sagu sangat baik untuk perawatan kulit. Menggunakan masker sagu dapat membuat kulit Anda lebih sehat. Cara membuatnya sendiri hanya menggunakan tepung sagu dengan campuran beberapa bahan seperti putih telur, tomat, jeruk nipis, hingga beberapa lainnya.

Kadar potassium dalam sagu dapat membuat kolagen yang membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan halus. Untuk pria atau wanita, metode ini dapat membuat Anda lebih menarik dan meningkatkan kepercayaan diri.

5. Dapat digunakan sebagai sampo kering

Bagi yang tidak punya waktu untuk mencuci, tepung sagu dapat digunakan sebagai sampo kering. Metode itu sendiri adalah dengan mencampurkan tepung sagu dan sedikit baking soda. Campuran ditaburkan ke rambut dan disisir sampai campuran tidak lagi terlihat.

6. Jadikan suhu stabil

Ternyata, tepung sagu juga menetralisir suhu tubuh saat mengalami demam. Bahkan pengobatan dengan sagu lebih baik daripada obat-obatan modern karena obat-obatan modern untuk demam sebenarnya meningkatkan produksi panas tubuh. Cara menjadikannya sebagai penurun demam adalah dengan mengonsumsi sagu. Bisa dicampur dengan nasi atau hanya makan sagu.

7. Sebagai pengobatan untuk hipertensi

Selain konten kalium yang membentuk kolagen, itu juga dapat memperlancar sirkulasi darah dan sistem aliran darah. Bagi penderita hipertensi, ini sangat cocok untuk menurunkan tekanan darah dan membuat Anda tidak lagi merasa stres.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply