6 Khasiat Kesemek, Buah Manis Penangkal Kanker

6 Khasiat Kesemek, Buah Manis Penangkal Kanker

Tak layaknya mangga, anggur, atau apel, kesemek merupakan tipe buah yang tak begitu terkenal di Indonesia. Padahal, buah yang berasal berasal dari Tiongkok ini mempunyai rasa manis layaknya madu.

Karena itulah, di luar negeri buah ini kerap diolah menjadi; jus, sirup, selai, sampai dessert layaknya kue.

Menurut knowledge yang dirilis Nutrition Data, satu buah kesemek (dengan berat 168 gram) mengandung; 118 gram kalori, 31 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,3 gram lemak, 6 gram serat, vitamin A, C, E, sampai K.

6 Khasiat Kesemek, Buah Manis Penangkal Kanker
6 Khasiat Kesemek, Buah Manis Penangkal Kanker

Berikut kami udah merangkum manfaat kesemek:

1. Antikanker

Buah yang mempunyai wujud layaknya apel ini mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat mendukung menghambat atau memperlambat kerusakan sel bersama menangkal radikal bebas.

Menurut penelitian yang diterbitkan di dalam EXCLI Journal, karotenoid dan katekin di di dalam kesemek berperan mutlak sebagai agen antikanker. Tak cuma itu, kadar senyawa flavonoid di dalam kesemek terhitung dapat mendukung menurunkan risiko kanker paru akibat penuaan.

2. Menjaga kesegaran mata

Selain menjadi agen penangkal kanker, kesemek terhitung dapat merawat kesegaran mata. Hal ini sebab kadar vitamin A dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Vitamin A menjadi keliru satu komponen mutlak berasal dari rhodopsin, atau sejenis protein yang diperlukan tubuh untuk dapat memandang secara normal. Selain itu, vitamin A terhitung dapat mendukung mendukung manfaat selaput konjungtiva dan kornea.

3. Meningkatkan proses kekebalan tubuh

Kesemek mempunyai kandungan asam askorbat yang dapat memenuhi 80 % kebutuhan harian vitamin C harian. Menurut sebuah penelitian, vitamin C dapat merangsang proses kekebalan tubuh.

4. Mengurangi peradangan

Tak cuma mempunyai kandungan senyawa antikanker, kesemek terhitung mempunyai kandungan senyawa antiradang yang dapat mendukung memulihkan peradangan di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan, kadar beragam macam senyawa yang ada di dalamnya. Seperti antioksidan, karotenoid, flavonoid, sampai vitamin E yang dapat mendukung melawan peradangan di dalam tubuh.

5. Menjaga kesegaran pencernaan

Sama layaknya buah-buah lain, kesemek terhitung mempunyai kandungan serat yang baik untuk kesegaran pencernaan.

Selain itu, kesemek terhitung bermanfaat merangsang gerakan peristaltik usus untuk memindahkan makanan waktu melewati saluran pencernaan, mendukung memadatkan tinja, menaikkan sekresi cairan lambung dan pencernaan, sampai menghilangkan gejala sembelit dan diare.

6. Menjaga kesegaran jantung

Terakhir, kesemek terhitung baik di dalam merawat kesegaran jantung sebab kadar antioksidan flavonoid, quercetin, dan kaempferol yang ada di dalamnya.

Bahkan, mengutip American Journal of Clinical Nutrition, lebih berasal dari 98 ribu orang yang mengonsumsi makanan tinggi flavonoid, berisiko 18 % lebih rendah untuk mengalami kematian akibat kasus jantung.

Selain itu, makanan yang kaya flavonoid terhitung dapat mendukung menurunkan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL), sampai peradangan.

About the author

Leave a Reply