5 Manfaat luar Biasa Buah Peach

Banyak yang menyukai buah persik atau buah peach. Tak heran, buah bersama nama lain Prunus persica ini memiliki rasa manis dan harum yang khas.

Menurut sejarah, buah peach sudah ada di China sejak 8.000 th. yang lalu. Dahulu, buah ini digunakan sebagai tambahan didalam teh.

Terlebih, buah manis bersama sedikit asam ini berguna untuk pencernaan, kulit, sampai dapat dimanfaatkan sebagai pereda alergi.

5 Manfaat luar Biasa Buah Peach
5 Manfaat luar Biasa Buah Peach

1. Meningkatkan kebugaran jantung

Mengkonsumsi buah peach secara teratur kabarnya dapat menaikkan kebugaran jantung. Menurut penelitian US Natinal Library of Medicine National Institue of Health, selain dapat turunkan risiko penyakit jantung, buah peach juga dapat turunkan tekanan darah tinggi dan persentase kolesterol.

Lebih lanjut, buah peach dapat mengikat asam empedu atau senyawa yang diproduksi oleh hati dan disimpan di didalam empedu. Dengan kata lain, asam empedu bersama kolesterol yang dikandungnya akan dikeluarkan lewat kotoran dan dapat mendukung turunkan persentase kolesterol didalam darah.

2. Baik untuk kebugaran kulit

Tampak glowing bersama perawatan Rejuran memanfaatkan ekstrak DNA ikan salmon berasal dari Euroskinlab. Foto: Shutterstock
Buah peach juga dapat memelihara kebugaran dan kecantikan kulit. Buah ini punya kandungan vitamin C yang baik untuk menaikkan warna kulit, kualitas, dan juga teksturnya.

Penelitian Current Medicinal Chemistry menjelaskan bahwa senyawa yang ditemukan didalam buah peach dapat menaikkan kapabilitas kulit untuk menjaga kelembapan, sehingga dapat menaikkan tekstur kulit.

Selain itu, ekstrak buah peach yang dioleskan segera ke kulit dapat mendukung mencegah rusaknya akibat cahaya UV.

3. Bisa mendukung pencernaan

Satu buah peach ternyata punya kandungan 2 gram serat yang dapat mendukung melancarkan pencernaan dan mengurangi bisa saja sembelit.

Di segi lain, serat tersebut juga dapat mendukung mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan pencernaan. Seperti penyakit Crohn, sindrom iritasi usus besar (IBS), sampai kolitis ulseratif. Di Tiongkok sendiri, buah ini sudah lama dipercaya dapat membuat sembuh gangguan pencernaan.

4. Mencegah beberapa tipe kanker

Sama layaknya buah-buahan lain, buah peach juga punya kandungan senyawa yang dapat memberikan dukungan pada beraneka tipe kanker.

Menurut penelitian didalam jurnal Plant Physiology, kulit dan daging buah peach kaya akan karotenoid dan asam caffeic –dua tipe antioksidan yang memiliki cii-ciri antikanker.

Selain itu buah peach juga punya kandungan polifenol atau sejenis antioksidan yang terbukti mengurangi pertumbuhan dan membatasi penyebaran sel kanker.

Dalam penelitian yang melibatkan hewan, polifenol sendiri terlampau efisien untuk mencegah tipe kanker payudara.

Untuk dapat memperoleh fungsi tersebut, para peneliti menganjurkan seseorang untuk konsumsi dua sampai tiga buah peach sehari.

5. Bisa mengurangi gejala alergi

Ketika seseorang terpapar alergi, buah peach ternyata dapat membebaskan histamin atau zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel di didalam tubuh disaat mengalami reaksi alergi atau infeksi.

Histamin sendiri adalah anggota berasal dari proses pertahanan tubuh dan dapat mengurangi gejala alergi. Seperti bersin, gatal, serta batuk.

Leave a Reply